Skip to main content

Penelitian Tugas Kampus



A.    Latar Belakang
Perkembangan Negara Indonesia yang begitu cepat dan menonjol pada saat sekarang ini, dimulai pasca reformasi 1997 atau pasca berakhirnya masa pemerintahan orde baru. Beberapa bidang yang menghiasi perkembangan Negara Indonesia ini, diantaranya perkembangan di bidang politik, ekonomi, pendidikan, teknologi, dan lainnya. Perkembangan-perkembangan ini disebabkan oleh pemerintah Indonesia yang berambisi untuk menyetarakan posisinya dengan Negara-negara lain yang maju di ranah internasional, atau bahkan ingin lebih tinggi drajatnya dibanding negara-negara lain. Terlebih Negara Indonesia yang tidak dipungkiri terlalu berkaca pada dunia barat, yang melahirkan para penanam modal dari asing sangat banyak atau bahkan sudah merata di negeri kita, mungkin karena keterbatasan sumber daya manusia yang belum mampu mengelola sumber daya alam yang begitu melimpah sehingga akhirnya mengundang orang-orang asing yang dirasa mampu untuk mengelolanya, yang diharap mampu menumbuhkan perekonomian di Indonesia. Selain pertumbuhan ekonomi yang diharap mampu terus berkembang, di bidang pendidikan juga sepertinya ingin lebih dikembangkan lagi dengan cara menghadirkan kurikulum-kurikulum terbaru yang di anjurkan pemerintah dan mendatangkan tenaga-tenaga pengajar dari luar negeri untuk mengajar di lembaga-lembaga pendidikan, termasuk di Kampus-kampus swasta maupun Kampus Negeri.
Teknologi merupakan hal yang selalu dikaitkan dengan perkembangan suatu Negara. Negara akan dikatakan berkembang ketika teknologinya sudah memupuni, dan penduduk di Negara tersebut sudah mampu merasakan teknologi yang ada di Negara yang di maksud. Dan Indonesia pun sudah bisa dikategorikan berkembang karena masyarakat Indonesia sudah bisa menikmati berbagai macam alat-alat yang dilahirkan dari perkembangan teknologi tersebut. Yang paling dirasakan masyarakat saat ini ialah alat komunikasi yang sebagian besar digunakan oleh para pengusaha, anak-anak remaja dan masyarakat kota. Karena dirasa begitu pentingya komunikasi dengan rekan-rekan atau kerabat yang jaraknya jauh, dan tak hanya itu saja akan tetapi alat komunikasi atau biasanya disebut Gadget sekarang yang sedang marak-maraknya di masyarakat sudah dilengkapi berbagai macam hiburan mungkin bertujuan agar pemakainya tidak jenuh, juga masih banyak lagi layanan yang disediakan alat komunikasi yang ada sekarang ini dan. Di antara layanan-layananya yaitu layanan internet yang gunanya untuk mencari dan mendapatkan informasi terkini. Bahkan saat ini semua kalangan dapat menikmati gadget-gadget yang dilengkapi dengan fasilitas internet, mulai dari yang muda hingga orang tua dan juga termasuk kalangan mahasiswa. Karena mahasiswa yang merupakan Agen of Change yang sangat membutuhkan informasi-informasi ter-update di ranah public.
Perkembangan teknologi yang begitu cepat ini, mungkin mampu melebihi kecepatan internet yang tersedia dalam bentuk jaringan wifi di area Kampus UIN Sunan Kalijaga. Karena semua kalangan di masyarakat mampu menikmati efek dari perkembangan teknologi tanpa mengetahui manfaat-manfaat yang seharusnya mengarah ke sisi positif dari penggunaan teknologi tersebut, sehingga sangat banyak penggunaan teknologi terkhusus pengguna gadget yang menyediakan fasilitas internet banyak disalah gunakan oleh kalangan anak-anak. Hal ini mungkin disebabkan oleh pemerintah yang tidak mampu menyaring perkembangan teknolgi di Indonesia, dan juga tidak memperhatikan atau mengontrol sepenuhnya terhadap pemakaian internet khususnya  di kalangan anak-anak yang pemikiranya masih labil. Padahal upaya mengontrol dikalangan masyarakat khususnya anak-anak, itu merupakan bentuk pertanggungjaaban dari pemerintah dengan kebijakan yang membebaskan masasyarakat dalam menggunakan internet sehari-hari. Tapi dalam kenyataan yang ada pemerintah kita tidak mampu atau bahkan tidak mau mengawasi/mengontrol apa yang dilakukan masyarakat. Sebagaimana realitas yang ada, tidak sedikit pula kalangan mahasiswa yang seperti di gambarkan di atas bahwa mahasiswa sangat membutuhkan informasi ter-update yang sedang melanda public Indonesia. Sehingga penggunaan gadget yang layanan internetnya lebih canggih menjadi pilihan utama di kalangan mahasiswa. Tak lepas dari dunia akademik, bahwa mahasiswa juga sering kali mendapat tugas kampus yang diperintahkan oleh Dosen sesuai dengan Mata kuliah yang diambil.
Berhubungan dengan fenomena tersebut penulis ingin meneliti tentang korelasi antara penggunaan internet dengan tugas-tugas mahasiswa UIN Sunan Kalijaga dari penelitian tersebut akan di gambarkan secara umum atau dijadikan akar masalah dengan membuat pertanyaan Seberapa jauh keterlibatan internet dalam penyelesaian tugas-tugas kampus oleh mahasiswa syari’ah UIN Sunan Kalijaga? Dan tidak hanya itu, gambaran secara umum tersebut akan lebih di spesifikasikan lagi dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan mendasar yang gunanya untuk menggiring kemana arah penelitian ini, dan pertanyaan-pertanyaan tersebut akan ditelorkan kedalam Rumusan masalah, yang akan dibahas dalam pembahasan berikutnya.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apakah mahasiswa UIN Sunan Kalijaga selalu melibatkan Internet dalam mengerjakan Tugas Kampus?
2.      Bagaimana pandangan mahasiswa UIN Sunan Kalijaga terhadap mahasiswa lain yang selalu melibatkan Internet dalam mengerjakan Tugas Kampus?


C.     Telaah Pustaka
            Sejauh telaah pustaka yang telah dilakukan penyusun lakukan ada beberapa jurnal yang membahas tentang mahasiswa dan penyelesaian tugas kampus atau yang berkaitan dengan penyelesaian tugas kampus oleh mahasiswa di berbagai kampus diantaranya yaitu :
            Yemima Husetiya dalam jurnalnya yang berjudul hubungan asertivitas dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa fakultas psikologi universitas diponegoro semarang, membahas tentang Prokrastinasi akademik, yaitu penundaan yang dilakukan secara sengaja dan berulang-ulang dalam menyelesaikan suatu tugas atau pekerjaan, baik memulai maupun menyelesaikan tugas yang berhubungan dengan bidang akademik dan juga dalam jurnal tersebut di bahas tentang Asertivitas adalah kemampuan mengkomunikasikan keinginan, perasaan, dan pikiran kepada orang lain tanpa rasa cemas, dengan tetap menjaga dan menghargai hak-hak serta perasaan pihak lain dan pertimbangan positif mengenai baik dan buruknya sikap dan perilaku yang akan dimunculkan.
            Dari adanya jurnal yang di susun oleh Yemina Husetiya saya akan berusaha membedakan  penelitian yang akan saya lakukan dalam kampus. Walaupun ada beberapa kategori yang sedikit mirip yang dalam penelitian saya bertujuan ingin mengetahui prilaku mahasiswa dalam mengerjakan tugas kampus,


D.    Kerangka Teori
            Dalam mengupas penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti, teori sangatlah diperlukan dengan tujuan untuk menjadi fondasi dalam melancarkan penelitianya. Sehingga peneliti akan menggunakan teori yang dikemukakan oleh B.F. Skinner yang menyatakan bahwa Model perilaku kepribadian dihindari spekulasi tentang konstruksi hipotetis dan terkonsentrasi hampir secara eksklusif pada perilaku yang dapat diamati. Skinner menolak gagasan kehendak bebas dan menekankan keutamaan pengaruh lingkungan terhadap perilaku. Dan yang akan ditekankan dalam penelitian yaitu tentang Keutamaan pengaruh lingkungan terhadap perilaku Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga dalam Menyelesaikan Tugas Kampus.
E.     Pertanyaan yang di Ajukan
Perrtanyaan yang di ajukan kepada narasumber yang mana disini akan dilakukan kepada mahasiswa-mahasiswa UIN Sunan Kalijaga bertujuan untuk mempermudah peneliti dalam mempertanggungjawabkan kebenaran penelitianya ini. Dan pertanyaan-pertanyaan yang akan di ajukan terbagi menjadi beberapa poin, poin-poin tersebt akan tuangkan kedalam pertanyaan sebagai berikut :
1.      Apakah anda cenderung menggunakan fasilitas internet dalam mengerjakan tugas-tugas kampus?
-          Apa alasanya?....................................................................
2.      Apakah dosen anda cenderung mengarahkan atau menghimbau agar tidak mencari data dari internet?
-          Bagaimana tenggapan anda mengenaidosen yang demikian?
3.      Bagaimana tanggapan/pandangan anda terhadap mahasiswa yang selalu mengacu kepada internet dalam menyelesaikan tugas dari kampus?
4.      Bagaimana harapan anda terhadap mahasiswa saat ini dalam menyelesaikan tugas dari kampus?

Comments

Popular posts from this blog

Bentuklah kepercayaan dengan Kejujuran

DATANGNYA REJEKI KARENA DIPERCAYA Kepercayaan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi manusia. Karena seorang manusia ketika sudah memperoleh kepercayaan akan menjadi rezeki sendiri bagi dirinya dan keluarganya. Sepenggal kisah Inspiratif dari dua orang sahabat. Beberapa hari lalu saya ngobrol santai dengan dua orang sahabat. Keduanya masih muda usianya sekitar 32 tahunan. Yang satu usahanya transportasi truk  dan satu lagi kebun. Keduanya dapat fasilitas kredit bank. Mungkin kebetulan saja, salah satunya dapat telpon dari petugas lembaga keuangan. Katanya mengabarkan kalau pengajuan plafon kreditnya Rp 10 milyar disetujui atasannya. Setara dengan 12 unit tronton. Padahal setahun lalu dapat fasilitas 6 unit tronton. Yang menurut pengakuannya tiap bulan dapat laba bersih, setelah dipotong angsuran gaji sopir, perawatan dan pajak dapat sekitar Rp 45 juta/unit/bulan. Atau di atas Rp 3 milyar/tahun untuk 6 unitnya. Belum dampak manfaatnya bagi masyarakat yang kerja pada usah

Membangun Mental Mahasiswa Menjadi Pelaku Bisnis

MAHASISWA, ANAK TRANSMIGRAN ITU CEPAT JADI PELAKU BISNIS Sekitar 4,5 tahun silam. Di sebuah kampus mengadakan seminar nasional hal kewirausahaan agribisnis. Yang oleh kampus pengelolaan acaranya dipercayakan kepada pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Kebetulan saya diminta jadi salah satu narasumbernya. Praktis sejak rencana hingga acara usai, panitianya banyak berinteraksi dengan saya mulai dari telpon, chating hingga pelayanan jadi sopir menjemput dan kembali mengantar ke bandara saat acara. Saat menjemput dari bandara, sepanjang perjalanan mereka berdua tiada henti melontarkan pertanyaan praktis usaha. Begitu juga saat keliling di kotanya hingga kembali mengantar ke bandara, pertanyaan tiada henti silih berganti dengan terkesan ambisi ingin segera jadi pelaku bisnis. Tak pernah saya sangka. Ternyata mereka langsung melakukan sesuai pesan saya. Memang idealnya harus begitu. Siapa cepat maka dia dapat ; A. Usahanya membangun pola perdagangan online dengan membentuk ja

Terciptanya Inovasi harus dibarengi dengan langkah nyata

INOVASI TAK CUKUP DISIMPAN DI LEMARI Sekilas gambaran umum tentang kondisi negara yang inovasinya cukup tinggi tetapi kalah bersaing dengan negara lain yang mampu mempraktekkan langsung dengan kondisi lapangan yang ada. Korea Selatan sekalipun usia kemerdekaannya hanya selisih 1 hari dengan Indonesia. Tapi inovasinya telah banyak yang bermanfaat nyata hingga kelas dunia, misal Samsung dan Hyundai. Ethiopia walaupun dulunya jadi negara simbul kemiskinan kelaparan di dunia. Tapi berkat adaptif dengan inovasi remediasi lahan dan pengairan, kini telah disulap jadi lumbung pangan dunia ke 12 paling aman berkelanjutan. Tiap kali ada lomba - lomba ilmu pengetahuan maupun inovasi kelas internsional antar pemuda atau mahasiswa dari berbagai negara. Hampir selalu putra putri Indonesia menorehkan prestasi emasnya jadi juara sejak belasan tahun silam. Negara dalam mendanai penelitian baik di kampus maupun puslit sudah ratusan triliun melalui dana APBN. Hingga hasil penelitiannya banyak