Skip to main content

Apa itu Rush ??

Ilmu HIKMAH DARI MASA LALU HAL RUSH


Sering dan suka sekali saya baca buku rangkaian sebuah kisah. Atau bahkan menyimak kejadian ke kejadian. Karena di situlah dapat ilmu hikmahnya. Ilmu hikmah itulah tak selamanya teruraikan dengan detail pada buku - buku teori. Tiap kejadian pasti meminggalkan banyak ilmu hikmah,  jadi bahan pembelajaran untuk jadi bekal ilmu memyempurnakan pada kisah di masa depan.

Termasuk dalam sebuah buku yang mengisahkan bagaimana asal usul BCA tumbang lalu menyeret aset yang paling produktif saat itu, karena aset tersebut jadi bahan jaminan/kolateral dalam mengatasi kesulitan likuiditas di BCA. Aset tersebut tak lain kebun sawit milik Bp Sudono Salim sedang menjelang puncak panennya. Akhirnya jadi sesal, aset nasional jadi milik PMA Malaysia. Terjadi karena masyarakat resah gegabah, rush..

Dikisahkan dalam sebuah buku, tahun 1998 saat krisis moneter. Diisukan bahwa Bp Sudono Salim pemilik/pendiri bank BCA meninggal dunia.  Masyarakat panik lalu mencari aman. Semua yang punya tabungan antri di ATM BCA untuk menarik secara terburu - buru dan sebanyak mungkin ( _rush_ ). Rush itu skala nasional. Antri di ATM BCA yang panjang terjadi di mana - mana.

Apapun banknya jika kena infeksi penyakit rush cash pasti tumbang. Termasuk BCA. Karena dana masyarakat yang dipercayakan ke BCA wujud tabungan maupun deposito sebagian besar telah dipasarkan lagi (kredit) ke pihak lain. Bukan ada tunai di bank. Tentu tidak cukup dari kontan yang ada. Itu bahasa sederhananya.

Rush adalah penyakit paling berbahaya jika menyerang stok apapun juga itu. Baik barang maupun dana segar. Apalagi jika masyarakat tahu yang diisukan stok mau habis adalah barang sangat terbatas jumlahnya karena impor dari negara lain misalnya. Akan makin keras proses rush nya karena sudah masuk ranah emosi publik.

Lalu, kita simak beberapa hari ini. Bahan - bahan sembako mulai jadi bahan target untuk dilakukan rush. Utamnaya yang impor  misal gula, bawang putih atau makanan siap saji misal mie instan yang dianggap bahannya jumlah terbatas. Maka makin keras proses rush nya. Lalu makin panik lagi dan makin rush lagi. Akhirnya stoknya benar - benar tidak cukup. Akibat isu Virus Corona.

Sekalipun penyakit karena bakteri dan jamur hampir selalu ada obat pembasmi cepatnya. Tapi hingga detik ini belum ada obat yang mampu mengatasi/membasmi penyakit karena virus yang menginfeksi hewan, tumbuhan dan manusia. Ternasuk virus corona. Solusi bijaknya tenang bijak cerdas menguasai diri, meningkatkan daya tahan tubuhnya.

*Hal tak kalah pentingnya harus menguasai diri dan menahan diri agar tidak jadi agen multiplier effect negatifnya rush ke sembako misal seperti kisah rush BCA di atas. Jika sembako di rush akan jadi masalah baru lagi. Harga bisa meledak mahal membawa naiknya inflasi dan seterusnya. Mari kita cegah. Agar tidak sesal lagi.*


Oleh;
Wayan Supadno
Pak Tani

Comments

Popular posts from this blog

Bank dipersembahkan untuk pelaku Usaha

MEMAHAMI MAUNYA PERBANKAN Baru - baru ini Pemerintah meluncurkan program yang jadi perbincangan publik. Yaitu suku bunga bank yang rendah. Maksud tujuannya pasti guna merangsang agar makin banyak partisipasi masyarakat dalam upaya melahirkan pelaku usaha (wirausahawan/pengusaha) baru. Ilustrasinya .. Karena  program tersebut akan makin tercipta iklim usaha makin sehat lalu ada pemain  pelaku baru di dunia usaha, maka dampaknya ; 1. Andaikan terlahir 1 juta pengusaha baru lalu 1 orangnya merekrut pekerja 6 orang saja maka total tenaga terserap 7 juta orang. Maka habislah jumlah pengangguran saat ini yang 6,8 juta orang (BPS). Ini multiplier effect nya juga ke indek pembangunan manusia Indonesia. 2. Andaikan 1 juta pengusaha baru memutar dana di bank jadi ekonomi rill Rp 500 juta/orang usaha. Maka dana berputar Rp 500 milyar/bulan. Jika nilai tambahnya buat masyarakat pelaku 5% saja maka Rp 25 milyar/bulan. Jika selama 5 tahun maka dampaknya akan kuadran. Tentu masih banyak la

Pentingnya Bimbingan Wirausaha Bagi Anak

ILMU HIKMAH IMPROVISASI DIRI SEJAK DINI Setahun lalu, saya terperangah kaget sekitar jam-jam segini, jam 10 pagi. Di rumah saya di Kota Wisata Cibubur. Anak - anak SMA yang satu sekolah dengan anak saya, mereka datang berlima. Kompak solid mau berbuat sesuatu dengan pakaian olah raga mau mencari dana. Mereka menawarkan jasa mau menyuci mobil saya, agar dapat uang jasa. Karena oleh sekolahnya dapat tugas pada akhir semester harus punya kegiatan sosial salah satunya pentas seni. Tapi dilarang keras minta bantuan dengan segala macam propposal ke banyak tempat. Mereka Harus mandiri. Lihat lebih banyak praktek wirausaha siswa SMK Dana untuk acara tersebut harus dari keringatnya di luar jam sekolah. Misal membersihkan mobil, memasarkan produk tertentu dan lain sebagainya. Padahal saya tahu persis mereka adalah dari keluarga menengah ke atas semuanya. Mereka diantar sopir pribadi orang tuanya. Akhirnya saya persilahkan, anak saya brserta teman - temannya menyuci mobil saya lalu barul

Akar Dunia Usaha

MELATIH KEKUATAN AKAR DUNIA USAHA Sekitar tahun 1996, sekalipun usaha saya yang dari nol baru berusia satu tahun pertama kali tertipu relasi (purel) lalu rugi dan bangkrut. Salah satu usahanya mengumpulkan benih kacang - kacangan penutup lahan kelapa sawit muda (cover crops Puraria Javanica/PJ). Di Pematang Siantar Sumut tempat saya berdinas militer pertama kali seusai dilantik di Magelang merupakan sentra tanaman tersebut, di lahan milik PTPN IV. Masyarakat pada memanen lalu saya salah satu jadi pengepul dan dijual lagi di antaranya ke Pekanbaru Riau dan Palembang Sumsel, wilayah tersebut sebagai pengembangan sawit saat itu. Menyenangkan sekali karena melibatkan ekonomi masyarakat kecil secara besar - besaran. Bermanfaat. Sepulang dinas sore hari saya keliling untuk ke para pemetik tersebut dengan sepeda motor tua Vespa Kongo 1963. Jika sudah banyak mereka mengantar ke rumah dinas saya. Sekitar tiga kali mengirim ke Pekanbaru lancar. Kiriman ke empat kalinya, pembelinya minta