Skip to main content

Antara Corona dan Sawan

*SAWAN DAN ILMU TITEN*

*Simbokku* bertanya serius :
"Sak jane virus itu apa to le. Tiap hari kok beritanya virus terus di tipi..?"

- *aku* : "Virus itu sejenis SAWAN, Mbok ! Nggak keliatan tapi kalau nulari bisa bikin orang demam tinggi, batuk-batuk, sesak napas, kalau tidak kuat bisa mati,"
(tak bilangin gitu biar mudeng... kalau diijelasin pakai ilmu kesehatan malah mumet Simbokku) 🤭🤭🤭

- *Simbok* : "..Ooow... Sawan to," (manggut-manggut ngerti).

- *aku* : "Makanya jangan kumpul2 dulu. Kalau terpaksa kumpul2 jaga jarak 1 meter.

Sebelum masuk rumah cuci tangan yang bersih pakai sabun, masuk rumah jangan langsung gendong cucu atau nyentuh apapun, langsung ke kamar mandi.

Mandi yang bersih, pakaiannya direndem pakai detergen terus dicuci. Setelah itu baru boleh ngapa2in.

Virus itu nggak bahaya kalau kita sehat. Tapi kalau punya penyakit sesak nafas, diabetes, darah tinggi dll bisa bahaya sekali.

Nahhh, biar sehat, banyak-banyak minum air perasan lemon, wedang jahe/kunyit/temulawak, rebusan daun sirih atau daun kelor..."

- *Simbok* : "Wis wis, aku wis mudeng.. Dari dulu kan aku juga ngajari kalian seperti itu. Cuci tangan dan kaki sebelum masuk rumah sampai tak sediakan gentong di depan rumah. Tapi katamu :"jangan percaya mitos. Sawan2 opo ?!".

Tak tanamkan kelor sama sirih, tapi kamu nggak mau makan sayur bening kelor, malah pilih makan mie instan. Tak buatkan jamu temulawak, kunir asem, kunci-suruh biar sehat, tapi kamu pilih minum obat buatan Londo... Sekarang ada virus saja baru ingat cuci tangan dan minum jamu."

- *aku* : "Iya ya, Mbok!" (mikir keras) 🤔🤔🤔

- *Simbok* : "Orang tua2 jaman dulu itu walau bodoh, tapi nggak ngawur, mereka itu pakai ilmu "TITEN" -, niteni... kalau sekarang namanya penelitian gitu lho...

Dititeni, misalnya kenapa kok kalau ada orang meninggal, anak-anak sering panas demam. Oow rupanya Bapak/Ibunya ikut ngelayat. Berarti orang pulang melayat itu bawa penyakit. Akhirnya dicoba diolesi dlingo bawang, terus Bapak/Ibunya sebelum menyentuh anaknya harus mandi dulu.

Tenyata bener, setelah itu anaknya nggak demam tinggi lagi walau ayah/ibunya pulang melayat. Kejadian itu jadi pelajaran, "dititeni", akhirnya jadi tradisi,...

Terus kalian yang sudah pinter menemukan, bahwa ternyata yg dibawa pulang dari luar rumah itu namanya bukan sawan tapi virus ya... Ngono to?"

- *aku* : (nyengir...),
"Iya, Mbok!" 😆😆😆

- *Simbok* : "Sekarang masih mau NGEYEL?! Masih mau bilang wong kuno itu bodo ?!
Sing bodo ya KAMU itu !

Sudah bagus2 nenek moyangnya niteni kalau bau badan itu musti makan daun luntas sama minum kunci-suruh,... ehhh kalian malah nuruti bakul minyak wangi, bau badan cukup disemprot.

Padahal badanmu bau itu karena ada kumannya, kalau cuma disemprot minyak wangi, nggak menyelesaikan masalah, minyak wanginya hilang, badanmu tetep bau.

Nenek moyangnya udah capek-capek niteni,... kalau orang yang badannya sehat itu nggak gampang diserang sawan eh virus, makanya harus rajin minum jamu,... Lha kalian malah pilih percaya bakul obat yg obatnya cuma menghilangkan rasa sakit, pas diminum sehat,... besuk kambuh lagi,... minum lagi,... sehat, kambuh lagi. Akhirnya rusak jeroanmu... paham opo ora ?!"

- *aku* ;  Ampuuun mbok
🙏🙏🙏
Aku wis paham, Mbok..! Anakmu ngaku salah ..

Comments

Popular posts from this blog

Bank dipersembahkan untuk pelaku Usaha

MEMAHAMI MAUNYA PERBANKAN Baru - baru ini Pemerintah meluncurkan program yang jadi perbincangan publik. Yaitu suku bunga bank yang rendah. Maksud tujuannya pasti guna merangsang agar makin banyak partisipasi masyarakat dalam upaya melahirkan pelaku usaha (wirausahawan/pengusaha) baru. Ilustrasinya .. Karena  program tersebut akan makin tercipta iklim usaha makin sehat lalu ada pemain  pelaku baru di dunia usaha, maka dampaknya ; 1. Andaikan terlahir 1 juta pengusaha baru lalu 1 orangnya merekrut pekerja 6 orang saja maka total tenaga terserap 7 juta orang. Maka habislah jumlah pengangguran saat ini yang 6,8 juta orang (BPS). Ini multiplier effect nya juga ke indek pembangunan manusia Indonesia. 2. Andaikan 1 juta pengusaha baru memutar dana di bank jadi ekonomi rill Rp 500 juta/orang usaha. Maka dana berputar Rp 500 milyar/bulan. Jika nilai tambahnya buat masyarakat pelaku 5% saja maka Rp 25 milyar/bulan. Jika selama 5 tahun maka dampaknya akan kuadran. Tentu masih banyak la

Pentingnya Bimbingan Wirausaha Bagi Anak

ILMU HIKMAH IMPROVISASI DIRI SEJAK DINI Setahun lalu, saya terperangah kaget sekitar jam-jam segini, jam 10 pagi. Di rumah saya di Kota Wisata Cibubur. Anak - anak SMA yang satu sekolah dengan anak saya, mereka datang berlima. Kompak solid mau berbuat sesuatu dengan pakaian olah raga mau mencari dana. Mereka menawarkan jasa mau menyuci mobil saya, agar dapat uang jasa. Karena oleh sekolahnya dapat tugas pada akhir semester harus punya kegiatan sosial salah satunya pentas seni. Tapi dilarang keras minta bantuan dengan segala macam propposal ke banyak tempat. Mereka Harus mandiri. Lihat lebih banyak praktek wirausaha siswa SMK Dana untuk acara tersebut harus dari keringatnya di luar jam sekolah. Misal membersihkan mobil, memasarkan produk tertentu dan lain sebagainya. Padahal saya tahu persis mereka adalah dari keluarga menengah ke atas semuanya. Mereka diantar sopir pribadi orang tuanya. Akhirnya saya persilahkan, anak saya brserta teman - temannya menyuci mobil saya lalu barul

Akar Dunia Usaha

MELATIH KEKUATAN AKAR DUNIA USAHA Sekitar tahun 1996, sekalipun usaha saya yang dari nol baru berusia satu tahun pertama kali tertipu relasi (purel) lalu rugi dan bangkrut. Salah satu usahanya mengumpulkan benih kacang - kacangan penutup lahan kelapa sawit muda (cover crops Puraria Javanica/PJ). Di Pematang Siantar Sumut tempat saya berdinas militer pertama kali seusai dilantik di Magelang merupakan sentra tanaman tersebut, di lahan milik PTPN IV. Masyarakat pada memanen lalu saya salah satu jadi pengepul dan dijual lagi di antaranya ke Pekanbaru Riau dan Palembang Sumsel, wilayah tersebut sebagai pengembangan sawit saat itu. Menyenangkan sekali karena melibatkan ekonomi masyarakat kecil secara besar - besaran. Bermanfaat. Sepulang dinas sore hari saya keliling untuk ke para pemetik tersebut dengan sepeda motor tua Vespa Kongo 1963. Jika sudah banyak mereka mengantar ke rumah dinas saya. Sekitar tiga kali mengirim ke Pekanbaru lancar. Kiriman ke empat kalinya, pembelinya minta